Jurnal Telematika Institut Teknologi Harapan Bangsa, Indonesia IMPLEMENTASI ARTIFICIAL INTELLIGENCE PADA GAME BOARD GOMOKU DENGAN MENGGUNAKAN ATURAN RENJU Sherly Gunawan,Prof Dr. The Houw Liong, Elishafina Siswanto Departemen Teknik Informatika Institut Teknologi Harapan Bangsa Jalan Dipati Ukur no. 83-84 Bandung Abstrak - Permainan Gomoku adalah permainan khas Jepang yang dimainkan diatas papan Go oleh dua orang pemain. Untuk membuat permainan menjadi lebih variatif maka ditambahkan sebuah aturan Renju. Gomoku merupakan permainan dengan perfect information yaitu setiap pemain dapat mengetahui persis bagaimana posisi lawan dan pilihan langkah yang tersedia, berbeda halnya dengan permainan kartu, yang hanya dapat mengetahui kartu yang ada di tangan saja. Pembuatan artificial intelligence pada permainan Gomoku ini akan menggunakan metode Negamax dan Hasil dari tugas akhir ini adalah aplikasi permainan Gomoku yang dapat dimainkan player melawan computer, juga computer melawan computer. Berdasarkan hasil pengujian, didapatkan bahwa penggunaan metode Negamax dan dapat memberikan solusi pencarian langkah terbaik, namun kecerdasannya dipengaruhi oleh cara penghitungan point. Kata kunci: Gomoku, intelegensia buatan, Negamax. Abstract - Gomoku game is a typical Japanese game that is played on a Go Board played by two people. To make the game more varied then added a rule Renju. Gomoku is a game with perfect information which is every player can know exactly how is their opponent position and available move options, unlike card games, which each player can only know the card on their hand. Artificial intelligence in this Gomoku game is using building Negamax and αβ-Prunning method. The results of this thesis is the application of Gomoku game that can be played player against computer, also computer against computer. Based on the test results, it was found that the use of methods αβ-Prunning and Negamax can provide the best solution, but it’s intelligence are affected by point calculation. Keywords: Gomoku, artificial intelligence, Negamax.
Indonesia harus mampu mengembangkan sains dan teknologi yang ramah lingkungan sesuai dengan perkembangannya di tanah air, tanpa teknologi yang boros sumber alam dan energi.
Hal yang penting juga ialah memahami dan menghayati filsafat sains untuk bisa menyatakan kebenaran ilmiah dan bisa membedakannya dengan "kebenaran" yang diperoleh dengan cara lain.
The Houw Liong
http://LinkedIn.com/in/houwliong
17 July 2013
IMPLEMENTATION OF ARTIFICIAL INTELLIGENCE ON GAME BOARD GOMOKU BY USING RENJU RULES
Jurnal Telematika Institut Teknologi Harapan Bangsa, Indonesia IMPLEMENTASI ARTIFICIAL INTELLIGENCE PADA GAME BOARD GOMOKU DENGAN MENGGUNAKAN ATURAN RENJU Sherly Gunawan,Prof Dr. The Houw Liong, Elishafina Siswanto Departemen Teknik Informatika Institut Teknologi Harapan Bangsa Jalan Dipati Ukur no. 83-84 Bandung Abstrak - Permainan Gomoku adalah permainan khas Jepang yang dimainkan diatas papan Go oleh dua orang pemain. Untuk membuat permainan menjadi lebih variatif maka ditambahkan sebuah aturan Renju. Gomoku merupakan permainan dengan perfect information yaitu setiap pemain dapat mengetahui persis bagaimana posisi lawan dan pilihan langkah yang tersedia, berbeda halnya dengan permainan kartu, yang hanya dapat mengetahui kartu yang ada di tangan saja. Pembuatan artificial intelligence pada permainan Gomoku ini akan menggunakan metode Negamax dan Hasil dari tugas akhir ini adalah aplikasi permainan Gomoku yang dapat dimainkan player melawan computer, juga computer melawan computer. Berdasarkan hasil pengujian, didapatkan bahwa penggunaan metode Negamax dan dapat memberikan solusi pencarian langkah terbaik, namun kecerdasannya dipengaruhi oleh cara penghitungan point. Kata kunci: Gomoku, intelegensia buatan, Negamax. Abstract - Gomoku game is a typical Japanese game that is played on a Go Board played by two people. To make the game more varied then added a rule Renju. Gomoku is a game with perfect information which is every player can know exactly how is their opponent position and available move options, unlike card games, which each player can only know the card on their hand. Artificial intelligence in this Gomoku game is using building Negamax and αβ-Prunning method. The results of this thesis is the application of Gomoku game that can be played player against computer, also computer against computer. Based on the test results, it was found that the use of methods αβ-Prunning and Negamax can provide the best solution, but it’s intelligence are affected by point calculation. Keywords: Gomoku, artificial intelligence, Negamax.
Subscribe to:
Post Comments (Atom)
No comments:
Post a Comment