09 August 2011

SISTEM PAKAR PENYAKIT KULIT INFEKSI JAMUR MENGGUNAKAN BACKWARD CHAINING DENGAN BEST-FIRST SEARCH

ITHB, 2011

SISTEM PAKAR PENYAKIT KULIT INFEKSI JAMUR MENGGUNAKAN BACKWARD CHAINING DENGAN BEST-FIRST SEARCH

Martinus Elvin

Pembimbing :
Prof. Dr. The Houw Liong
Ernestasia R. Siahaan, S.T.

ABSTRAK

Kemajuan ilmu kedokteran akan semakin baik bila didukung oleh perkembangan teknologi komputer. Salah satu cabang ilmu komputer yang mendukung dan banyak digunakan di dunia kedokteran adalah sistem pakar. Sistem pakar ini dapat membantu dokter dalam mengambil keputusan dalam mendiagnosa penyakit, sehingga dapat memberi solusi yang tepat kepada pasiennya.
Berdasarkan permasalahan dan batasan-batasan yang ada, maka dilakukanlah penelitian dengan membuat sebuah sistem pakar yang terbatas pada domain penyakit kulit, yang juga dibatasi hanya pada infeksi yang disebabkan oleh jamur.
Sistem pakar ini dibangun menggunakan metode backward chaining dan teknik penelusuran best-first search Untuk itu, digunakan data statisik dari penyakit dan gejala sebagai rating, dimana penyakit dan gejala yang akan ditanyakan diurutkan dari rating tertinggi ke rating yang terendah.
Dari hasil pengujian yang dilakukan terhadap sistem yang dikembangkan, dapat dilihat bahwa sistem dapat memberikan hasil kesimpulan dan penjelasan yang baik dan sesuai dengan gejala yang dipilih oleh pasien. Sistem ini juga telah diuji oleh pakar dari RS Immanuel dengan hasil yang baik dan cukup memuaskan.
Kata Kunci : sistem pakar, penyakit kulit, infeksi jamur, backward chaining, best-first search

No comments: